2015

Home » Blog » 2015 » Keterkaitan Disiplin Studi Teknik Industri dengan Disiplin Studi Lainnya

16-03-15

Keterkaitan Disiplin Studi Teknik Industri dengan Disiplin Studi Lainnya



  • Bahasa Indonesia
  • English

Informasi terlampir di atas bagi lulusan SMU yang ingin melanjutkan pendidikan Teknik (Engineering) untuk memilih bidang studi yang tepat sesuai minat dan kemampuannya. Keterkaitan beberapa bidang studi teknik sejak perkembangan awal dimulai dari Teknik Militer (Military Engineering) sampai yang terakhir adalah Teknik Sistem dan Industri (Industrial and Systems Engineering).

Kemungkinan Bidang Studi Teknik Sistem dan Industri sebagai suatu jurusan khusus belum ada di Indonesia mengingat lambatnya respon Kementerian Pendidikan Tinggi terhadap perkembangan disiplin ilmu dalam bidang Teknik (Engineering). Jika demikian maka pilihan pada bidang studi yang telah ada di Indonesia seperti: Teknik Industri, Ilmu Komputer, dan Statistika Industri bisa dijadikan pintu masuk. Sehingga seseorang yang lulus S1 Teknik Industri/Ilmu Komputer/Statistika Industri bisa melanjutkan S2 dan S3 dalam bidang Teknik Sistem dan Industri. Bidang Studi Teknik Sistem dan Industri juga baru berkembang di USA sekitar 1980-an.

Pada dasarnya Teknik Sistem dan Industri adalah disiplin ilmu berorientasi sistem yang berkaitan dengan desain, instalasi, manajemen, operasional, dan peningkatan sistem-sistem industri. Jika melihat struktur anak panah yang menjadi input bagi Teknik Sistem dan Industri maka tampak bahwa proporsi terbesar berasal dari Teknik Industri, kemudian diikuti dengan Operations Research (Penelitian Operasional), Statistika Industri (Industrial Statistics), Ilmu Komputer (Computer Science) dan Ilmu-ilmu Sosial (Social Sciences).

Para insinyur dalam bidang Teknik Sistem dan Industri selalu berfokus pada peningkatan produktivitas dan kualitas dari sistem industri. Mereka melihat “gambaran besar” dari apa yang dapat membuat masyarakat industri melakukan hal-hal terbaik dalam keberlanjutan industri, melalui menggunakan kombinasi yang tepat dari sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya modal, beserta struktur dan peralatan yang tersedia. Profesional di bidang ini menjembatani kesenjangan antara bidang manajemen dan bidang operasional, memotivasi orang dalam bekerja, termasuk menentukan kualifikasi material dan peralatan, perangkat komputer, dll, yang harus digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas.

Singapura yang selalu CEPAT mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuka jurusan Teknik Sistem dan Industri sejak S1 sampai S3. Siswa SMU yang kuat dalam bidang Matematika dan Statistika disarankan memasuki S1 Teknik Industri dan/atau Statistika Industri di Indonesia baru melanjutkan ke S2 Teknik Sistem dan Industri di luar negeri atau langsung memilih jurusan Teknik Sistem dan Industri di universitas luar negeri.

Salah satu universitas terbaik di dunia yang menyelenggarakan S1 sampai S3 dalam bidang Teknik Sistem dan Industri adalah National University of Singapore (NUS).
www.ise.nus.edu.sg

Informasi yang lebih lengkap tentang Teknik Sistem dan Industri dapat dilihat di sini.
http://www.ise.ufl.edu/prospective-students/what-is-ise/

Bagi mereka yang penasaran dan tertarik memahami secara mendalam tentang Teknik Sistem dan Industri silakan download buku terbaru (2014) berikut:
http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=d7982e0d76c1ee806df62cc57927822d


Profesional dalam bidang Teknik Sistem dan Industri ibarat kartu Joker dalam permainan kartu yang dapat ditempatkan di mana saja untuk membangun SISTEM yang produktif dan berkualitas. Contoh aplikasi ilmu Teknik Sistem dan Industri dalam membangun Sistem Pemeliharaan Kesehatan (Healthcare System) dapat dibaca melalui handbook berikut (2010).
http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=f808a76782378a4420158aedf9ab3eed

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php