2016

Home » Blog » 2016 » Mengukur Tingkat Kualitas Total Individu (Total Quality Person = TQP)

10-07-16

Mengukur Tingkat Kualitas Total Individu (Total Quality Person = TQP)



  • Bahasa Indonesia
  • English

Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt
ASQ CMQ/OE, CQE, CQA, CSSBB
APICS CFPIM, CSCP
IQF Six Sigma Master Black Belt
Rab-QSA CMSP

Saya pertama kali belajar Total Quality Management (TQM) pada tahun 1988 ketika mengikuti kuliah pada program Doktor Teknik Sistem dan Manajemen Industri di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketika itu saya langsung menyadari bahwa bidang TQM ini akan berkembang pesat di masa-masa mendatang, karena pada suatu ketika apabila tingkat pendapatan dan kesejahteraan ekonomi TELAH meningkat, maka orang akan membeli atau mengkonsumsi produk (barang dan/atau jasa) yang berkualitas dengan harga kompetitif. Ketika 1988 internet BELUM ada di Indonesia dan belum berkembang di dunia. Pemilihan untuk bidang TQM ini HANYA berdasarkan pandangan pribadi dan perasaan semata!

Pandangan di atas terbukti BENAR setelah saya mulai bekerja di bidang bisnis dan industri pada tahun 1991, di mana ketika itu program ISO 9000 mulai sangat populer di Indonesia dan banyak orang mulai menyadari untuk membangun sistem manajemen kualitas berbasis ISO (the International Organization for Standardizations). Perkiraan saya untuk mendalami bidang TQM menjadi benar setelah saya bergabung dengan organisasi profesi kelas dunia dalam bidang kualitas, ASQ (the American Society for Quality), yang dahulu pada saat bergabung masih bernama ASQC (the American Society for Quality Control). Lihat: www.asq.org.

Saya memperoleh artikel tentang TQP (Total Quality Person) dari majalah Quality Progress yang diterbitkan pada September 1993. Majalah Quality Progress adalah majalah khusus dalam bidang kualitas yang diberikan setiap bulan secara gratis kepada anggota-anggota ASQ.

Setelah membaca artikel tentang TQP (Total Quality Person), maka saya meyakini 100%, jika seseorang mampu mentransformasikan dirinya menjadi TQP, maka probabilitas orang itu akan SUCCESS akan mendekati 100%. TQP lebih menekankan pada ATTITUDE seorang profesional dalam bidang apapun untuk berfokus pada kepuasan pelanggan melalui membangun sistem manajemen kualitas dalam diri orang itu.

Setelah mendalami bidang TQM sejak 1988, saya dapat menarik kesimpulan dan mengelompokkan beberapa orang ke dalam dua kategori berikut:

  1. Orang-orang yang belajar TQM hanya sebatas ilmu pengetahuan saja. Kelompok orang ini HANYA sekedar mengetahui bahwa kualitas itu penting, TETAPI tidak mampu mentransformasikan diri mereka menjadi seorang TQP (Total Quality Person).
  2. Orang-orang yang belajar TQM, memahami filosofi dasar dari TQM, mempraktekkan prinsip-prinsip TQM dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bentuk Manajemen Organisasi TQM (Total Quality Management), Team (TQT = Total Quality Team), dan Individu (TQP = Total Quality Person).

Ada beberapa kata kunci dan definisi yang perlu dipahami untuk bisa mempraktekkan dan mentransformasikan prinsip-prinsip TQM ke dalam Organisasi (TQO = Total Quality Organization), Team (TQT = Total Quality Team), dan Individu (TQP = Total Quality Person), yang akan diuraikan berikut ini.

Kualitas adalah segala sesuatu yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga memberikan kepuasan 100% kepada pelanggan. Saya sering menggunakan terminologi: Q-MatCh yaitu: Quality is to meet agreed terms and Changes, artinya kualitas adalah memenuhi semua persyaratan yang telah disepakati bersama dan perubahan terus-menerus ke arah perbaikan/peningkatan kepuasan pelanggan melalui Continual Improvement and Innovation.

Manajemen Kualitas Total (Total Quality Management) adalah cara-cara meningkatkan kinerja secara terus-menerus (continuously performance improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi, dengan menggunakan semua sumber-sumber daya yang tersedia. TQM terdiri dari perencanaan kualitas (quality planning), pengendalian kualitas (quality control), dan peningkatan kualitas (quality improvement) untuk membangun suatu sistem jaminan kualitas (quality assurance system) dari organisasi itu terhadap semua pihak yang berkepentingan, yaitu: customers and stakeholders.

Karakteristik dari TQM pada organisasi-organisasi kelas dunia (world class organization) adalah: (1) Menciptakan dan membangun Visi, Misi, dan tata nilai (values), (2) Menghilangkan hambatan mental pada manajemen dan karyawan untuk terus-menerus KREATIF dan INOVATIF, (3) Membagi pengetahuan tentang praktek-praktek terbaik (best practices) ke seluruh organisasi, (4) Membuat keputusan bersama antara manajemen dan karyawan (Top-Down and Bottom-Up Approach), (5) Mengembangkan orang-orang menjadi sumber daya manusia melalui keterlibatan aktif dalam TOPS (Team Oriented Problem Solving), dan (6) Mempraktekkan semua hal ini- Just Do It.

Jika karakteristik TQM itu dapat dipraktekkan ke dalam TEAM (Together Everyone Achieves More), maka akan terbentuk TQT (Total Quality Team) yang memiliki karakteristik: (1) Bertanggung jawab terhadap keberhasilan mencapai sasaran (goals), (2) Mendesain dan mengimplementasikan agenda pertemuan (meeting agenda) yang efektif dan efisien, (3) Menegaskan, mendokumentasikan, dan menyelesaikan masalah-masalah yang muncul, (4) Menghilangkan hambatan-hambatan untuk menjadi KREATIF dan INOVATIF agar terjadi peningkatan kinerja terus-menerus, dan (5) Menyebarluaskan hasil-hasil perbaikan kinerja berupa praktek-praktek terbaik (best practices) ke seluruh organisasi.

Tentu saja TQT (Total Quality Team) HARUS terdiri dari TQP (Total Quality Person) yang ada dalam Team itu, sehingga terjadi sinergi. Karakteristik dari seorang TQP (Total Quality Person) adalah: (1) Belajar solusi masalah terus-menerus sebagai suatu kebiasaan pribadi (personal habits), (2) Bersikap proaktif terhadap segala sesuatu yang berkaitan langsung atau tidak langsung terhadap kinerja kualitas, (3) Membangun jaringan kerja (networking), dan (4) Bekerja untuk kesepakatan win-win (win-win agreement) dalam berbagai situasi dan kondisi.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php