2016

Home » Blog » 2016 » Bagaimana Membangun Manajemen Inovasi Organisasi?

15-08-16

Bagaimana Membangun Manajemen Inovasi Organisasi?



  • Bahasa Indonesia
  • English

Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt
ASQ CMQ/OE, CQE, CQA, CSSBB
APICS CFPIM, CSCP
IQF Six Sigma Master Black Belt
RAB-QSA CMSP

Apa Itu Manajemen Inovasi?

Inovasi memainkan peranan yang teramat sangat penting untuk keunggulan organisasi. Inovasi dicapai apabila kita sering bertanya: what dan how pada level yang tinggi, yang diikuti oleh serangkaian proses mulai dari pengumpulan ide-ide kreatif, pengolahan ide-ide kreatif menjadi informasi inovatif, penilaian kelayakan untuk implementasi, dan implementasi proyek-proyek inovasi. Kesemua aktivitas ini perlu dikelola secara efektif dan efisien melalui Manajemen Inovasi.

Manajemen Inovasi adalah disiplin ilmu manajemen yang berkaitan dengan pengelolaan inovasi dalam proses-proses, produk dan pelayanan, organisasi, sampai pelanggan dan pasar. Manajemen inovasi dapat digunakan untuk mengembangkan inovasi proses-proses, produk dan pelayanan, organisasi, serta pasar dan pelanggan. Tanpa proses inovasi yang tepat, tidak mungkin untuk menghasilkan produk yang efektif dan efisien, sehingga tidak mungkin pula kita mampu memberikan nilai inovasi kepada pasar dan pelanggan.

Melalui inovasi nilai, perusahaan akan mampu menciptakan pasar-pasar baru (new markets). Inovasi nilai didefinisikan sebagai menciptakan suatu lompatan jauh ke depan (quantum leap) dalam nilai pelanggan atau pembeli (buyer value) sementara pada saat yang sama (secara simultan) melakukan reduksi biaya secara dramatik (sharp drop) dalam struktur biaya industri.

Manajemen inovasi mencakup seperangkat alat yang memungkinkan semua orang dalam organisasi untuk bekerja sama dengan pemahaman yang sama tentang proses-proses dan sasaran-sasaran strategik organisasi.

Fokus manajemen inovasi adalah memungkinkan organisasi untuk merespon kesempatan-kesempatan internal maupun eksternal, menggunakan upaya kreatif untuk memperkenalkan ide-ide, proses, atau produk dan pelayanan baru. Manajemen inovasi melibatkan karyawan di setiap tingkat dalam memberikan kontribusi kreatif untuk pengembangan proses, produk dan organisasi. Dengan memanfaatkan alat-alat manajemen inovasi yang tepat, maka manajemen dapat memicu dan menyebarluaskan ide-ide kreatif dari karyawan untuk peningkatan kinerja organisasi terus-menerus. Proses ini dapat dilihat sebagai evolusi integrasi organisasi, teknologi dan pasar dengan serangkaian iterasi aktivitas seperti: pencarian, pemilihan, penerapan ide-ide baru yang inovatif ke dalam proses, produk, dan organisasi.

Manajemen inovasi pada dasarnya dapat digunakan untuk merangsang ide-ide baru yang diterapkan dalam empat area utama berikut:

  • Inovasi Bisnis, misalnya: inovasi dalam model rantai pasokan (supply chain model) atau penciptaan bisnis baru.
  • Inovasi Produk dan Pelayanan, misalnya: menciptakan produk dan pelayanan baru atau memodifikasi produk dan pelayanan yang sekarang.
  • Inovasi Pasar, misalnya: membuka pasar-pasar baru atau menciptakan basis pelanggan baru (new customer base).
  • Inovasi Proses, misalnya: meningkatkan atau mengubah proses-proses internal.

Berdasarkan pengalaman praktek dari penulis, Manajemen Inovasi sejak awal harus dibangun ke dalam perencanaan strategik bisnis serta mengaitkan secara langsung dengan pasar dan pelanggan seperti ditunjukkan dalam Bagan 1.


Bagan 1. Implementasi Manajemen Inovasi

Dari Bagan 1 kita mengetahui bahwa peningkatan inovasi nilai tidak hanya ditujukan semata-mata kepada pelanggan eksternal atau pembeli, tetapi juga berkaitan dengan peningkatan inovasi nilai kepada pelanggan internal (karyawan) dan pemasok material, karena pada dasarnya mereka ini yang mendukung terciptanya peningkatan inovasi nilai kepada pelanggan eksternal atau pembeli. Berdasarkan kenyataan ini, maka setiap perusahaan dapat membuat model yang mengidentifikasikan kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan inovasi nilai sesuai situasi dan kondisi aktual dari perusahaan itu.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php