2017

Home » Blog » 2017 » Transformasi UANG Melalui Proses DUIT Menuju SUCCESS

16-03-17

Transformasi UANG Melalui Proses DUIT Menuju SUCCESS



  • Bahasa Indonesia
  • English

Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt
American Society for Quality (www.asq.org) CMQ/OE, CQA, CSSBB, CQE, CQIA
American Production and Inventory Control Society (www.apics.org) CFPIM, CSCP
International Quality Federation (www.iqf.org) Six Sigma Master Black Belt
Registration Accreditation Board (www.exemplarglobal.org) Quality Management System Practitioner

 

Proses transformasi dalam bagan terlampir sangat sederhana dalam penjelasan TETAPI sulit dalam penerapan. Karena membutuhkan integrasi prinsip-prinsip kecerdasan spiritual (sangat tinggi), kecerdasan emosional (tinggi), dan kecerdasan intelektual yang baik (cukup). Hal ini akan menjadi rrruuuarrr biasa apabila memang kecerdasan intelektual juga tinggi terutama berkaitan dengan kerangka berpikir sistematik dalam aliran sistem: Input, Process, dan Output.

Penjelasan sederhana adalah sebagai berikut:

 

I. INPUT: membangun dan menerapkan prinsip UANG (Usaha Agar Nama Gemilang).

Pertama adalah memulai membangun Segitiga KKN (Kesetiaan, KASIH = Kehendak Allah Selalu Isi Hati, dan Nyata—praktek Nyata) dengan TUHAN. Tentu saja kita TELAH harus percaya 100% kepada TUHAN yang membutuhkan prinsip-prinsip kecerdasan spiritual SANGAT TINGGI.

Membangun nama GEMILANG (UANG = Usaha Agar Nama Gemilang) sangat sulit Karena membutuhkan integritas dan kejujuran. Integritas dan kejujuran ini hanya mungkin terjadi kalau kita TELAH percaya 100% kepada TUHAN bahwa TUHAN menjadi PELINDUNG kita, sehingga jika kita bersikap buruk maka sama saja kita TIDAK TAAT (lihat akronim TAAT) kepada TUHAN.

Menggunakan rasionalitas ini, maka prinsip UANG (akronim UANG = Usaha Agar Nama Gemilang) harus diterapkan sekaligus kepada tiga pihak dengan urutan sebagai berikut:

  1. Urutan pertama dan paling utama adalah: Usaha Agar Nama TUHAN Gemilang.
  2. Urutan kedua yang juga sangat penting adalah: Usaha Agar Nama Customer (orang lain yang bekerja sama dengan kita apakah sebagai mitra kerja, pengguna jasa, pembeli produk, atau siapa saja yang harus diperlakukan sebagai orang yang nama mereka dibuat GEMILANG).
  3. Urutan ketiga atau terakhir adalah Usaha Agar Nama saya/kita Gemilang.

Untuk mencapai UANG (Usaha Agar Nama Gemilang) ini membutuhkan KOMPETENSI dan REPUTASI yang akan berproses melalui DUIT (lihat akronim DUIT dalam bagan terlampir).

Efektivitas Kompetensi (Effectiveness of Competence) merupakan perkalian antara: GREAT ATTITUDE (akronim), Knowledge (ilmu pengetahuan dan teknologi), dan Skills (keterampilan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam praktek nyata).

Akronim GREAT ATTITUDE adalah:

  • Gratitude (bersyukur dalam segala hal)
  • Responsible (Bertanggung jawab atas semua tugas-tugas)
  • Enthusiastic (Antusias dengan semangat tinggi)
  • Accountable (Akuntabilitas atau Tanggung Gugat, siap menerima konsekuensi)
  • Totality (Totalitas dalam segala hal sampai tuntas)
  • Always making today is my best day (Selalu membuat hari ini sebagai hari terbaik, seolah-olah besok kita akan meninggal dunia)
  • Taking pride in a job well done (Bangga dalam pengertian positif terhadap semua hasil pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik)
  • Treating others with respect (Memperlakukan orang lain dengan rasa hormat)
  • Isolating my negative thoughts (Membuang semua pikiran negative, selalu berpandangan positif terhadap segala hal)
  • Treating tasks as opportunities for improvement toward SUCCESS (Memperlakukan tugas-tugas sebagai kesempatan untuk perbaikan terus-menerus menuju SUCCESS dalam rangka membangun KOMPETENSI dan REPUTASI)
  • Utilizing my talents everyday (Menggunakan talenta kita setiap hari untuk hal-hal positif)
  • Doing the job right the first time (Melakukan hal-hal yang benar sejak awal atau pertama kali)
  • Expecting positive outcomes everyday (Mengharapkan hasil-hasil positif setiap hari).

Pembelajaran terus-menerus seumur hidup di dunia dalam hal-hal positif dari berbagai sumber adalah dalam rangka membangun efektivitas kompetensi. Demikian pula aplikasi apa saja yang bermanfaat dimulai dari diri sendiri sebagai eksperimentasi untuk memperoleh pembuktian dan meningkatkan kepercayaan diri merupakan upaya giat terus-menerus untuk membangun Efektivitas Kompetensi.

Reputasi dibangun melalui akumulasi terus-menerus dari hasil-hasil POSITIF yang dirasakan oleh customer (orang lain yang berhubungan dengan diri kita) yang akan membangun UANG (Usaha Agar Nama Gemilang) dalam segitiga KKN dengan TUHAN.

 

II. PROCESS: DUIT (lihat akronim DUIT dalam bagan terlampir)

KOMPETENSI dan REPUTASI yang telah dibangun untuk mencapai UANG (Usaha Agar Nama Gemilang) selanjutnya berproses melalui akronim DUIT, sebagai berikut:

D = Doa (Depend on Allah), berdoa sebelum memulai segala aktivitas agar TUHAN merestui hal-hal yang dilakukan. Doa yang benar adalah kita menyerahkan hidup kita untuk dipelihara, dilindungi dan diatur oleh TUHAN agar kita mencapai SUCCESS, sehingga prinsip UANG (Usaha Agar Nama Gemilang) dalam segitiga KKN dengan TUHAN itu berfungsi terus-menerus sesuai urutan pertama, kedua, dan ketiga (lihat bagan terlampir).

Usaha GIGIH (akronim GIGIH) yaitu: Gairah/Passion, tetap bergairah menjalani kehidupan nyata di dunia, Ilmu (selalu belajar ilmu pengetahuan dan teknologi menggunakan kerangka PDCA for SUCCESS untuk solusi masalah dan perbaikan terus-menerus), Gagasan kreatif dan inovatif (memiliki gagasan atau ide-ide kreatif dan inovatif yang diterapkan terus-menerus baik pada diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan), Iman (akronim IMAN = Ikhlas Menjadikan Allah Nakhoda), dan Hati (Harmonisasi antara tindakan dan iman agar selalu berfokus pada hubungan segitiga KKN dengan TUHAN).

Jika Doa dan Usaha GIGIH (akronim GIGIH) telah dilakukan, maka hasilnya diserahkan kepada TUHAN yang akan menentukan melalui Customer (orang lain yang berhubungan dengan kita) sebagai praktek implementasi akronim IMAN (Ikhlas Menjadikan Allah Nakhoda).

Akronim DUIT untuk huruf T adalah takwa atau takut kepada TUHAN sebagai implementasi akronim TAAT berikut:

  • TUHAN berfirman melalui kitab suci
  • Aku percaya dan melakukan sesuai firman TUHAN dalam kitab suci
  • Aku melakukan hal-hal yang aku bisa sesuai perintah TUHAN (pelaku firman TUHAN)
  • TUHAN melakukan atau menyempurnakan hal-hal yang aku TIDAK bisa

 

III. OUTPUT: SUCCESS 6K

Melalui semangat solusi masalah dan perbaikan terus-menerus terhadap elemen INPUT dan PROCESS, maka kita akan mencapai output SUCCESS dalam 6K, yaitu: SUCCESS K1 = Kuliah/Sekolah, SUCCESS K2 = Karier/Kerja professional, SUCCESS K3 = Keluarga, SUCCESS K4 = Keuangan, SUCCESS K5 = Kematian, dan SUCCESS K6 = Kehidupan abadi di Surga bersama TUHAN.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa aplikasi bagan terlampir membutuhkan integrasi kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual yang tinggi dengan semangat solusi masalah dan perbaikan terus-menerus untuk perbaikan SISTEM (Input, Process, dan Output).


 

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php