2017

Home » Blog » 2017 » Peta Jalan Menuju SUCCESS atau FRUSTRASI

18-05-17

Peta Jalan Menuju SUCCESS atau FRUSTRASI



  • Bahasa Indonesia
  • English

Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt & Certified Management System Lead Specialist

 

Setiap orang memiliki keinginan (ekspektasi) menuju SUCCESS, TETAPI mindset, attitude, habit, character kita TANPA disadari akan membawa kita ke jalan FRUSTRASI.

Studi-studi melalui berbagai riset TELAH menunjukkan bahwa perubahan menuju SUCCESS membutuhkan sejumlah elemen sistem yang saling berketergantungan (interdependent) satu sama lain, sehingga apabila ada satu saja (apalagi dua, tiga, dst) elemen dari sistem SUCCESS itu yang dihilangkan atau diabaikan (baik secara sengaja maupun tidak disengaja) TELAH CUKUP membuat kita FRUSTRASI. KECUALI kita MENGHILANGKAN Ekspektasi (Goal) untuk menuju SUCCESS. Karena pada dasarnya EKSPEKTASI (yang tidak terpenuhi) merupakan sumber dari semua FRUSTRASI.

Bagan 1 terlampir menunjukkan elemen-elemen sistem perubahan menuju SUCCESS secara lengkap, sekaligus peta jalan menuju FRUSTRASI.

  1. Jika kita memiliki keinginan (ekspektasi) menuju FRUSTRASI (secara sadar atau tidak sadar) melalui “KEBINGUNGAN”, maka kita CUKUP menghilangkan atau mengabaikan Elemen VISION dari Sistem SUCCESS.
  2. Jika kita memiliki keinginan (ekspektasi) menuju FRUSTRASI (secara sadar atau tidak sadar) melalui “KEGELISAHAN, KEMASGULAN, DLL”, maka kita CUKUP menghilangkan atau mengabaikan Elemen SKILLS dari Sistem SUCCESS.
  3. Jika kita memiliki keinginan (ekspektasi) menuju FRUSTRASI (secara sadar atau tidak sadar) melalui “PERUBAHAN YANG LAMBAT, TIDAK MAJU-MAJU, DLL”, maka kita CUKUP menghilangkan atau mengabaikan Elemen INCENTIVES dari Sistem SUCCESS.
  4. Jika kita memiliki keinginan (ekspektasi) menuju FRUSTRASI (secara sadar atau tidak sadar) melalui “FRUSTRASI TERUS-MENERUS SELAMA HIDUP” maka kita CUKUP menghilangkan atau mengabaikan Elemen RESOURCES dari Sistem SUCCESS.
  5. Jika kita memiliki keinginan (ekspektasi) menuju FRUSTRASI (secara sadar atau tidak sadar) melalui “MEMULAI SECARA SALAH ATAU MERASA BOSAN TERUS-MENERUS, DLL”, maka kita CUKUP menghilangkan atau mengabaikan Elemen ACTION PLAN dari Sistem SUCCESS.

Bagaimana jika kita mengabaikan lebih dari satu elemen (dua, tiga, atau semua elemen) dalam Sistem SUCCESS? TETAPI KITA TIDAK INGIN MENGALAMI FRUSTRASI? Satu-satu jawaban adalah: Hilangkan Semua Keinginan (EKSPEKTASI) Menuju SUCCESS, Karena EKSPEKTASI (yang tidak terpenuhi) itu sendiri adalah SUMBER dari SEMUA FRUSTRASI!

Hidup memang akan NYAMAN apabila TANPA EKSPEKTASI apapun, sepanjang pilihan itu memberikan ke-PUAS-an yang hakiki bagi kita, Karena PUAS itu sendiri adalah sebuah akronim, yaitu: PUAS = Pastikan Usaha Anda SUCCESS.

Salam SUCCESS

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php