2015

Home » Blog » 2015 » Mengapa Penelitian HARUS Menggunakan Analisis Statistika?

28-07-15

Mengapa Penelitian HARUS Menggunakan Analisis Statistika?



  • Bahasa Indonesia
  • English

Ilmu STATISTIKA (Statistics) dipergunakan dalam penelitian BUKAN untuk “gengsi”, sehingga seolah-olah kalau menggunakan metode analisis statistika yang “kompleks” maka akan terlihat lebih “hebat” daripada menggunakan metode analisis statistika yang “sederhana”.

LEBIH BAIK menggunakan statistika “sederhana” daripada menggunakan statistika yang “kompleks” dengan berbagai pelanggaran asumsi dan persyaratan yang sekaligus menunjukkan ke-TIDAK PROFESIONAL-an dalam penggunaan uji-uji statistika itu.

Agar memperoleh pemahaman yang KOMPREHENSIF tentang bagaimana karakteristik, pola, variasi natural dari suatu fenomena dalam populasi itu dapat dipelajari/dieksplorasi secara benar, efektif, dan efisien, maka penggunaan CATS (Critical Analysis Through Statistics) seperti lampiran di atas akan sangat berguna.

(Sumber: Buku Stats With CATS: The Domesticated Guide to Statistics, Models, Graphs, and Other Breeds of Data Analysis, 2011, Wheatmark, Arizona, USA).


Jangan sampai segala analisis statistika HANYA dipersepsikan semata-mata sebagai Analisis Regresi saja. Analisis Regresi bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas (sebab-akibat). dari variabel independent (input atau predictor) yang mempengaruh variabel dependent (outcome atau response).

Jika pola data dari fenomena dalam populasi menunjukan horizontal (no trend), siklis (cyclical), kecenderungan (trend), musiman (seasonal), maka mengapa tidak mencoba untuk “menebak” bahwa metode statistika yang cocok adalah Time Series Analysis? Ini adalah fenomena umum dalam dunia bisnis yang akan lebih tepat menggunakan analisis deret waktu (time series analysis).

Diagram satu halaman tentang Time Series Analysis ditunjukkan dalam lampiran berikut.
Jul 28 2015a
Sedangkan bahan pembelajaran secara terperinci akan diberikan dalam website selanjutnya. Time Series Analysis ini merupakan satu topik bahasan khusus dalam Jurusan Statistika yang bisa diambil pada mata kuliah Time Series Analysis atau mata kuliah Forecasting selama satu semester (3 SKS).

Informasi lengkap tentang Time Series Analysis dapat dilihat dalam website berikut:
http://people.duke.edu/~rnau/411home.htm

Materi tentang Analisis Deret Waktu (Time Series Analysis) dalam bahasa Indonesia dapat download di sini (silakan dibaca dan dipahami):


Meramal berdasarkan waktu itu namanya FORECASTING bukan Regression! Agar pahami makna dan tujuannya BUKAN lihat asal rumus-rumus saja. Analisis kecenderungan (Trend Analysis) dalam Forecasting bertujuan meramalkan variabel dependent (outcome atau response) diwaktu mendatang semata-mata berdasarkan perubahan waktu, sedangkan Regression bertujuan untuk pendugaan (estimasi) dari variabel dependent (outcome atau response) berdasarkan hubungan sebab-akibat (kausalitas) dari variabel independent (predictor atau input). Jelas Forecasting memiliki tujuan yang berbeda dengan Regression. Bahwa ada penggunaan formula yang seolah-olah sama dengan formula dalam analisis regresi linear sederhana, karena dalam forecasting berdasarkan waktu semata itu menggunakan metode OLS (Ordinary Least Squares). Meskipun seolah-olah kedua rumus dalam trend analysis dan simple regression adalah sama menggunakan metode OLS itu BUKAN berarti kita boleh menyamakan tujuan Forecasting sama dengan tujuan Regression.


Untuk yang masih bingung, sebaiknya saya sarankan belajar ulang semua statistika, mulai dari statistika dasar, menengah, sampai lanjutan. TETAPI cara belajar diubah, mulai dari TUJUAN (OBJECTIVES) untuk apa (What), kemudian bertanya mengapa uji-uji statistika itu digunakan (Why), lalu akan diterapkan di mana (Where), pada saat kapan diterapkan (When), baru kemudian bagaimana menggunakan rumus-rumus (How). Sistem pembelajaran STATISTIKA di Indonesia mengambil jalan pintas langsung pada bagaimana menggunakan rumus-rumus statistika (How to) TANPA belajar tentang Statistical Thinking (What, Why, Where, When). Jika kita ingin menguasai sesuatu hal, maka metode belajar paling EFEKTIF adalah menggunakan pendekatan 5W-2H: What, Why, Where, When, Who, How, dan How Much.

Ini saya berikan akses untuk download buku 100 uji-uji statistika (100 Statistical Tests) yang sangat mudah karena pendekatannya dimulai dari objective, limitations, dst. Saya JAMIN kalau semua mahasiswa belajar STATISTIKA menggunakan buku ini, maka dalam waktu 6 bulan pengetahuan aplikasi STATISTIKA mereka akan meningkat DRASTIS, dan hal itu berarti tujuan dari beberapa postingan tentang statistika itu tercapai.
https://www.google.com/search?q=100%20statistical%20tests&ie=utf-8&oe=utf-8

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php