2016

Home » Blog » 2016 » Berbagi Cerita SUCCESS

22-04-16

Berbagi Cerita SUCCESS



  • Bahasa Indonesia
  • English

Berbagi Cerita SUCCESS tentang pengalaman praktek selama +/- 90 hari kerja (sekitar +/- 4 bulan). Mulai dari desain awal sistem manajemen kinerja, presentasi kepada top management (dengan berbagai pertanyaan), bekerjasama dengan Tim Information Technology (IT) untuk membuat software komputer agar kinerja (KPIs = Key Performance Indicators) dapat dikendalikan secara on line oleh komputer setiap hari, implementasi secara diam-diam sampai telah terjadi perbaikan kinerja bisnis secara signifikan, kemudian mempresentasikan lagi kepada top management untuk melihat mekanisme kerja pengendalian kinerja (KPIs) secara otomatis oleh komputer TANPA ada lagi pengendalian oleh manusia secara manual. Komputer TELAH mengambil alih semua pekerjaan analisis dan pengendalian kinerja termasuk pembuatan laporan-laporan standar (standard reports) dan problem solving. Kekuatan dan kehebatan manusia TELAH berpindah pada desain dan membuat kebijakan implementasi sistem manajemen kinerja melalui SOP (Standard Operating Procedures) yang sama sekali TIDAK dapat dilakukan oleh komputer!


Pembelajaran PRAKTEK yang dihasilkan adalah: perubahan (terutama di Indonesia) jangan dimulai dari People karena PASTI akan terjadi penolakan yang sangat tinggi. Jadi dari mana memulainya? Strategi yang saya lakukan adalah perubahan pada PROSES (Change Process), setelah itu langsung diambil alih oleh komputer melalui membangun sistem informasi manajemen kinerja secara otomatis yang dapat diakses oleh semua orang melalui jaringan internet. Perlahan tetapi PASTI akan terjadi perubahan kultur kerja (Change Culture). Selanjutnya lakukan perubahan struktur kerja berbasis Teamwork (Change Structure). Pada akhirnya akan terjadi perubahan pada orang-orang (Change People), baik secara sukarela mau berubah atau terpaksa harus berubah. Jika tidak mau berubah, maka silakan meninggalkan organisasi yang telah berubah itu. Tampak bahwa pembelajaran teori saja TIDAK CUKUP, karena semua teori berasumsi pada kondisi yang normal, dan semua asumsi itu selalu terpenuhi ketika teori itu akan diaplikasikan.

Bagan Change Management berikut telah terbukti SUCCESS diterapkan di Indonesia (angka-angka nomor urut perubahan dibuat oleh VG untuk keperluan praktek) untuk membawa suatu organisasi menuju Visi: Menjadi Organisasi Kelas Dunia.


Artikel VG tentang Theory of Constraints (TOC) dapat dibaca di sini:
http://dokumen.tips/documents/jurnal-april.html


Bahan presentasi VG tentang Supply Chain Management dapat dibaca di sini:
https://www.scribd.com/document/275284197/6811265-Supply-Chain-Management-VG

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php