2016

Home » Blog » 2016 » Farm Business Management

11-12-16a

Farm Business Management



  • Bahasa Indonesia
  • English

Buku Bagus bagi Mahasiswa Pertanian/Peternakan untuk Memahami Management & System

Saya TIDAK TAHU apakah lulusan S1 maupun S2 dalam bidang Peternakan atau Pertanian di Indonesia TELAH SIAP bekerja sebagai seorang PROFESSIONAL dalam bidang Farm Management System? Jika TIDAK SIAP, maka kemungkinan besar karena buku-buku teks yang dipelajari TERLALU TEORITIS dan lebih berorientasi pada Operational Thinking jangka pendek seperti: Aplikasi Peralatan (Tools): Linear Programming, Analisis-analisis Keputusan, Analisis Ekonomi Benefit/Cost, dll.

Padahal seyogianya seorang Lulusan S1 atau S2 HARUS memulai terlebih dahulu berorientasi pada Strategic Thinking Jangka Panjang (Strategic Goals: 3, 5, 10 tahun yang akan datang), kemudian menerjemahkan ke dalam Tactical Thinking Jangka Menengah (Tactical Goals: 1 tahun), kemudian melakukan Operational Activities (Operational Goals: harian/mingguan/bulanan).

Buku Peter L. Nuthall berjudul: Farm Business Management: The Human Factor dan Farm Business Management: The Core Skills ini akan meningkatkan kemampuan manajerial dan pemahaman sistem (Management & System Ability) yang HARUS menjadi landasan utama kerangka kerja (framework) untuk belajar tentang: Farm Business Management: Analysis of Farming System. Akan lebih lengkap lagi apabila lulusan S1 dan S2 bidang pertanian/peternakan memahami buku PRAKTEK dari John Moran berjudul: Business Management for Tropical Dairy Farmers yang mengambil kasus-kasus real peternakan sapi perah berskala kecil TETAPI dikelola secara PROFESSIONAL sebagai bisnis peternakan usaha kecil di Asia (termasuk Indonesia). Strategi belajar yang TEPAT dari sumber-sumber yang terpercaya dan bereputasi internasional akan meningkatkan daya saing di pasar tenaga kerja nasional maupun internasional.

John Moran dan Peter Nuthall adalah: Dosen, Praktisi, Periset, dan Konsultan dalam bidang Bisnis di bidang pertanian/peternakan.

Tks. Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php