2017

Home » Blog » 2017 » Apakah Benar Kita TELAH Memahami Mekanisme Bekerja dan Menerapkan PDCA Management Framework Secara Benar dan KONSISTEN?

05-01-17

Apakah Benar Kita TELAH Memahami Mekanisme Bekerja dan Menerapkan PDCA Management Framework Secara Benar dan KONSISTEN?



  • Bahasa Indonesia
  • English

Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt
American Society for Quality (www.asq.org) CMQ/OE, CQA, CSSBB, CQE, CQIA
American Production and Inventory Control Society (www.apics.org) CFPIM, CSCP
International Quality Federation (www.iqf.org) Six Sigma Master Black Belt
Registration Accreditation Board (www.exemplarglobal.org) Quality Management System Practitioner

Pertanyaan di atas diajukan KARENA di Indonesia saat ini TELAH banyak ahli Manajemen TETAPI mengapa dalam PRAKTEK NYATA terutama dalam dunia bisnis dan industri MASIH terdapat banyak kegagalan? Banyak orang menertawakan ketika saya menyatakan bahwa KUNCI SUCCESS adalah memahami dan menerapkan PDCA Management Framework secara benar dan konsisten!

Apakah BENAR kita TELAH PAHAM mekanisme bekerja dari PDCA Management Framework yang sederhana seperti dalam Bagan 1 itu?

Jika benar kita TELAH PAHAM, pertanyaan berikut adalah Apakah Nilai EC (Effectiveness of Competence) dari kita yang merupakan perkalian (intersection) dari ATTITUDE (A) x KNOWLEDGE (K) x SKILLS (S) TELAH MENCAPAI di atas 100%? Sehingga menunjukkan bahwa ATTITUDE (A) kita TELAH TERINTEGRASI dengan KNOWLEDGE (K) dan SKILLS (S)? (Lihat Bagan 2 dan 3).

 

Orang-Orang SUCCESS yang TELAH PAHAM mekanisme bekerja dan menerapkan PDCA Management Framework itu hampir PASTI (99,9%) TELAH MAMPU mengubah ATTITUDE (A) mereka, Meningkatkan KNOWLEDGE (K) dan SKILLS (S) yang TERINTEGRASI agar memiliki Nilai Efektivitas KOMPETENSI (EC = Effectiveness of COMPETENCE) di atas 100% (lihat Bagan 3) dan mereka SELALU bekerja atau membuat keputusan dalam Kuadran II dari Stephen Covey (1989) yaitu: Mengerjakan AKTIVITAS PENTING YANG TIDAK MENDESAK!

 

Jika kita masih berada pada Kuadran I (Mengerjakan AKTIVITAS PENTING TETAPI SELALU MENDESAK), maka SEGERA PERBAIKI Manajemen Waktu kita!

Sedangkan bagi mereka yang MASIH TERPERANGKAP dalam Kuadran III dan IV agar BELAJAR lebih banyak lagi untuk memahami dan membedakan AKTIVITAS TIDAK PENTING dan ABAIKAN AKTIVITAS itu!

Berapa Nilai EC dari LULUSAN Perguruan Tinggi di Indonesia? TAMPAK bahwa memiliki IP (Indeks Prestasi) Akademik = 4,0 BUKAN JAMINAN untuk SUCCESS dalam dunia nyata, karena di dalam dunia nyata terutama bisnis dan industri HANYA membutuhkan nilai EC (Effectiveness of COMPETENCE).

Tks. Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php