2014

Home » Blog » 2014 » Manfaat Aplikasi Systems Thinking dalam Menemukan Hal-hal Baru

22-09-14

Manfaat Aplikasi Systems Thinking dalam Menemukan Hal-hal Baru



  • Bahasa Indonesia
  • English

VG menggunakan Systems Thinking Application untuk menemukan Konsep VINCENT dan Formula SUCCESS. Penjelasan berikut tentang bagaimana menemukan Formula SUCCESS seperti Bagan Terlampir.

Contoh PRAKTEK “Systems Thinking Application” dapat membuat kita MAMPU menciptakan formula sendiri untuk SUCCESS, yaitu: S = (P x Q) / T , di mana S = SUCCESS, P = Productivity, Q = Quality, dan T = Time. Bagaimana memperoleh formula ini?

Sesungguhnya formula S = (P x Q) / T ini diturunkan dari formula fisika tentang Kecepatan menggunakan prinsip ANALOGI.

Rumus Fisika: v = s / t , di mana v = kecepatan, s = jarak, t = waktu tempuh.

Selanjutnya prinsip ANALOGI diterapkan sebagai berikut:

  • Kecepatan = SUCCESS;
  • Jarak = Perjalanan Hidup = Mulai Lahir – Meninggal Dunia (Tidak Diketahui Berapa Panjang atau Berapa Lama Karena merupakan Rahasia Tuhan), maka Dianggap Fixed (Tertentu), Sehingga Lama Hidup Tidak Bisa “diutak-atik”!
  • Jika Jarak = Perjalanan Hidup Tidak Bisa “diutak-atik”, maka Waktu Tempuh yang harus diperpendek apabila menginginkan peningkatan SUCCESS (Kecepatan).

Dengan demikian diperoleh formula:

SUCCESS = (Masa Perjalanan Hidup: Lahir sampai Meninggal Dunia) / Time (Waktu Tempuh).

Formula pertama yang diperoleh ini membuktikan bahwa jika kita ingin CEPAT SUCCESS (S meningkat), maka Time (Waktu Tempuh) harus diperpendek (dikurangi/dipercepat), artinya Waktu mencapai SUCCESS HARUS dikurangi/dipercepat, agar kita menjadi CEPAT SUCCESS.

Persoalan berikut adalah mengisi variabel Jarak yang dianalogikan untuk masa perjalanan hidup itu. Artinya hal-hal apa yang HARUS dilakukan? Banyak orang hanya menyatakan agar diisi dengan hal-hal BAIK. TETAPI masalahnya adalah bagaimana mengukur variabel itu dalam bentuk satuan pengukuran? Karena segala sesuatu HARUS SMART (Specific, Measurable, Actionable/Achievable, Result-oriented, Time-bound/Timely). Jika kita HANYA menyatakan hal-hal baik, maka SULIT mengukur dalam skala pengukuran.

Karena kita bermaksud melatih/mendidik orang agar menjadi Wirausaha Profesional Menuju Kebebasan Finansial, maka tentu saja kita perlu mengambil kasus dalam bisnis dan industri menggunakan bahasa uang (Rp).

Jadi pertanyaan yang relevan adalah: Apa yang mau dilakukan selama masa perjalanan hidup (sejak lahir sampai meninggal dunia)?

Karena didesain untuk Wirausaha Profesional Menuju Kebebasan Finansial (Bahasa Uang), maka perhatikan prinsip-prinsip berikut:

  • Profit = TR – TC atau Profitability = TR / TC , di mana TR = Total Revenue, TC = Total Cost.
  • TR = Po x O dan TC = Pi x I sehingga TR / TC = (Po / Pi) x (O / I); O = Outputs dan I = Inputs, Po = harga Outputs, dan pi = harga Inputs.
  • O/I = Productivity (Controllable), karena Fokus Manajemen pada Controllable variables, maka kita telah memperoleh variabel PRODUKTIVITAS (P = O / I sama dengan P = Outputs / Inputs)!
  • Po / Pi = Rasio harga output terhadap harga input bersifat UNCONTROLLABLE BUT PREDICTABLE.

Berdasarkan prinsip Total Quality Management, agar rasio (Po / pi) meningkat, maka QUALITY harus ditingkatkan.

Dengan demikian variabel JARAK yang dianalogikan dengan Masa Perjalanan Hidup (sejak Lahir sampai Meninggal Dunia) HARUS diisi dengan variabel PRODUCTIVITY and QUALITY.

Menggunakan logika Systems Thinking Application, maka formula Fisika tentang kecepatan: v = s / t (kecepatan = jarak / waktu tempuh) TELAH dapat diubah menjadi:

SUCCESS = (Productivity x Quality) / Time; sehingga untuk mencapai SUCCESS yang CEPAT, maka kita HARUS meningkatkan PRODUCTIVITY yang diukur menggunakan P = O / I) dan QUALITY yang diukur berdasarkan tingkat kesalahan dalam melakukan sesuatu (orientasi BEBAS kesalahan = zero defects/errors sesuai filosofi dari Six Sigma), pada sisi lain WAKTU harus digunakan secara OPTIMUM.

Kemudian pertanyaan berikut adalah: Apa itu SUCCESS?

SUCCESS berkaitan dengan ke-PUAS-an, yaitu suatu Persepsi (Ekspektasi) Individu yang berlaku universal dan mengikuti Tata Nilai Universal.

Perhatikan Prinsip-prinsip ke-PUAS-an berikut:

  • Sangat Puas, jika Aktual Kinerja lebih besar daripada Ekspektasi Kinerja (A > E)
  • Puas, jika Aktual Kinerja = Ekspektasi Kinerja (A = E)
  • Tidak Puas, jika Aktual Kinerja lebih kecil daripada Ekspektasi Kinerja (A < E)

Berdasarkan prinsip di atas, maka kita paling sedikit HARUS mencapai A = E, yaitu Aktual Kinerja sama dengan Ekspektasi Kinerja. Dengan demikian SUCCESS berhubungan dengan ke-PUAS-an. Itu makanya mengapa VG mengakronimkan PUAS = Pastikan Usaha Anda SUCCESS.

Kesimpulan: SUCCESS adalah menghasilkan ke-PUAS-an Dunia & Akhirat (Tulisan di batu nisan = Tidak Ada Penyesalan!), HARUS diisi dengan hal-hal yang PRODUKTIF dan ber-KUALITAS pada penggunaan WAKTU yang OPTIMUM. SUCCESS = ( Productivity x Quality ) / Time.

Demikian VG memanfaatkan “Systems Thinking Application” sehingga MAMPU mentransformasikan Formula Fisika menjadi Formula SUCCESS seperti Bagan Terlampir di atas.


Segala sesuatu apakah formula, konsep, dll, HARUS dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan Systems Thinking Approach, untuk membuktikan konsistensi LOGIKA dari formula atau konsep itu.

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php