2014

Home » Blog » 2014 » Saham Konstruksi Paling Bersinar

12-10-14

Saham Konstruksi Paling Bersinar



  • Bahasa Indonesia
  • English

Nikmatnya mengumpulkan saham Waskita Karya dan PT Pembangunan Perumahan, dalam satu tahun kekayaan meningkat dua kali lipat! Selamat juga kepada peserta workshop tentang berinvestasi saham tahun lalu (Oktober 2013) yang saya rekomendasikan untuk membeli saham BBRI (Bank Rakyat Indonesia) ketika harga waktu itu Rp. 7.000/lembar, kekayaan anda juga meningkat 43%. Terus gunakan strategi beli-jual menggunakan model tangga yang diciptakan oleh Vincent Gaspersz.


Metode tangga diterapkan untuk pembelian dan penjualan saham secara terencana, BUKAN panic selling atau spekulasi. Pembelian saham-saham unggulan menggunakan analisis saham berdasarkan analisis fundamental yang dapat diperoleh dari laporan keuangan perusahaan.

Pembelian terencana dilakukan ketika harga-harga saham sedang menurun, biasanya kalau pemain saham spekulan akan melakukan panic selling. JUSTRU pada saat ini kita merencanakan melakukan pembelian beberapa kali terhadap saham tertentu. Misal kita akan membeli saham BRI (Kode Saham: BBRI), dan modal investasi kita 100%. Pembelian dilakukan selama enam kali, dengan kriteria jumlah alokasi pembelian misalnya, sbb:

  • Pembelian 1: 5% dari modal investasi
  • Pembelian 2: 10% dari modal investasi
  • Pembelian 3: 15% dari modal investasi
  • Pembelian 4: 20% dari modal investasi
  • Pembelian 5: 22,5% dari modal investasi
  • Pembelian 6: 27,5% dari modal investasi
    Total pembelian 100%.

Kriteria pembelian ke-2 misalkan harga telah menurun 2% dari pembelian ke-1, dstnya penurunan setiap 2%. Kriteria ini ditentukan sendiri.

Setelah selesai pembelian 100%, maka tunggu saja sampai suatu ketika harga-harga saham mulai meningkat. Kriteria penjualan juga ditetapkan sendiri berdasarkan ekspektasi kita misalkan baru akan dijual setelah harga naik 5% atau 10% dari harga beli pada setiap urutan pembelian itu. Ketika melakukan pembelian agar dicatat tanggal beli, harga beli, jumlah lot, dan informasi lain misalnya kejadian di pasar saham yang signifikan dalam format Excel.

Penjelasan dapat dilihat dalam petunjuk pembelian saham.

Petunjuk pemilihan saham-saham unggulan yang signifikan mempengaruhi IHSG.

Metode ini untuk investasi jangka pendek dan memperoleh keuntungan jangka pendek dalam situasi pasar sangat bergejolak. Metode ini mudah diterapkan oleh siapa saja untuk menghidarkan dari panic selling atau tindakan spekulasi. Tetapi untuk investasi jangka panjang tidak perlu cukup beli lalu biarkan saja saham itu sampai 20-30 tahun. Kuncinya adalah dalam pemilihan saham-saham apa yang harus dibeli. Itu analisis finansial yang dapat dipelajari sendiri.

Saya telah buktikan selama 5 tahun investasi saham dan memang target saya tidak banyak; cukup ROI = 30% per tahun telah OK. Portofolio investasi saya di saham juga tidak besar hanya 25% vs. 75% di Condotel. Tapi lumayan, jika investasi Rp. 10M dan setahun cukup memperoleh rata-rata 30%, kan sama saja memperoleh Rp. 3M/tahun atau sekitar Rp. 250 juta/bulan. Sama saja dengan gaji seorang Presdir di perusahaan besar. Memang bermain saham baru akan terasa nikmat kalau modal investasi di atas Rp. 1M.


Justru pasar yang TIDAK STABIL itu probabilitas meraih keuntungan sangat besar. Dalam dunia nyata. PRAKTEK jauh lebih penting daripada sekedar teori. Saya bisa tunjukkan, jika seorang mahasiswa yang baru LULUS S1, kemudian saya memberikan modal Rp. 100 Juta dan CUKUP saya ajarkan bermain saham secara DISIPLIN dengan target ROI 20%/tahun saja. Berapa hasilnya pada saat dia berusia 55 tahun atau 30 tahun bermain saham? Tabel Future Value berikut menunjukkan bahwa uang dia akan menjadi: sekitar Rp. 24M pada saat dia berusia 55 tahun. Bagaimana kalau saya memberi anak muda berusia 25 tahun itu Rp. 1M untuk bermain saham? Pada usia 55 tahun atau 30 tahun kemudian dia akan mempunyai uang Rp. 237M. Apapun alasannya, coba kalau dia bekerja sekarang dengan gaji awal Rp. 5juta – Rp. 10 juta/bulan, apakah mungkin dia mampu mengumpulkan uang sebanyak dalam tabel berikut? Salam SUCCESS Berwirausaha Menuju Kebebasan Finansial: Strategi Cepat Kaya Tanpa Perlu Bekerja. Topik ini yang akan dibahas pada tanggal 16 Oktober di Kupang.

Salam SUCCESS berinvestasi menuju kebebasan finansial.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php