2017

Home » Blog » 2017 » Memperoleh “Banyak” SUCCESS Sekaligus Menggunakan PDCA Management Framework

11-01-17

Memperoleh “Banyak” SUCCESS Sekaligus Menggunakan PDCA Management Framework



  • Bahasa Indonesia
  • English

Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt
American Society for Quality (www.asq.org) CMQ/OE, CQA, CSSBB, CQE, CQIA
American Production and Inventory Control Society (www.apics.org) CFPIM, CSCP
International Quality Federation (www.iqf.org) Six Sigma Master Black Belt
Registration Accreditation Board (www.exemplarglobal.org) Quality Management System Practitioner

Banyak orang sering mengucapkan pepatah kuno berikut TETAPI hanya sedikit orang yang TELAH mempraktekkannya apalagi sampai membuat pepatah kuno itu menjadi kebiasaan-kebiasaan (HABITS) sebagai seorang profesional yang berkarakter unggul dan memiliki nilai EC (Effectiveness of Competence) di atas 100%.

  • “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, juga sekali tepuk dua lalat artinya satu kali melakukan pekerjaan, mendapatkan beberapa hasil (atau keuntungan) sekaligus”.
  • “Sambil menyelam minum air, artinya mengerjakan suatu pekerjaan, dapat pula menyelesaikan pekerjaan atau masalah yang lain”.
  • “Sekali membuka pura, dua tiga utang terbayar, artinya satu kali melakukan pekerjaan, mendapatkan beberapa hasil (atau keuntungan) sekaligus”

Tujuan menetapkan “multi objectives” dalam buku The Ultimate SUCCESS Strategy #5 (Penulis: Vincent Gaspersz) adalah berkaitan dengan peningkatan PRODUKTIVITAS (PRODUCTIVITY) setiap waktu selama perjalanan menuju SUCCESS! Di samping itu jika kita menetapkan “multi objectives”, maka kita akan memperoleh banyak hasil (outputs), yang sekaligus juga akan menurunkan risiko KEGAGALAN dalam perjalanan menuju SUCCESS.

Dari Bagan 1 ditunjukkan pola bekerja orang-orang GAGAL versus pola bekerja orang-orang SUCCESS. Tampak bahwa pola bekerja Orang GAGAL seperti garis-garis dalam buku tulis, melalui hanya menetapkan satu tujuan (single objective) dalam setiap kali memulai aktivitas. Sedangkan Orang SUCCESS menetapkan banyak tujuan (multi objectives) ketika memulai suatu aktivitas.

Jelas tingkat PRODUKTIVITAS (PRODUCTIVITY = OUTPUT / INPUT) dari Orang SUCCESS jauh lebih tinggi daripada Orang GAGAL!

Saya pribadi ketika melakukan suatu aktivitas yang serius minimum HARUS memiliki beberapa tujuan sekaligus (multi objectives).

Sebagai misal jika saya akan menulis sebuah buku PRAKTIS (PRAKtek TIdak Sulit), maka proses penulisan buku HARUS memiliki tujuan-tujuan (multi objectives) berikut:

  • Tujuan No. 1 (Objective 1 = O1): Merealisasikan Visi VG yaitu: UANG (Usaha Agar Nama Gemilang).
  • Tujuan No. 2 (Objective 2 = O2): Memperoleh “Credit Point” (Kum) agar bisa mempertahankan gelar-gelar profesional VG dari APICS—the American Production and Inventory Control Society (setiap 5 tahun sekali harus diperbaharui) dan ASQ—the American Society for Quality (setiap tiga tahun sekali harus diperbaharui).
  • Tujuan No. 3 (Objective 3 = O3): Memperoleh pengetahuan baru (new knowledge) dalam proses penulisan buku agar meningkatkan nilai EC (Effectiveness of Competence).

    Catatan: VG TIDAK pernah menulis buku yang dia sudah mengetahui atau menguasai ilmu pengetahuan itu, karena jika ini dilakukan, maka TIDAK akan memperoleh pengetahuan baru dari proses pembelajaran melalui penulisan buku itu.

  • Tujuan No. 4 (Objective 4 = O4): Memperoleh PENDAPATAN AKTIF melalui menjadi Konsultan dan/atau Master Coach di perusahaan-perusahaan bisnis dan industri.

    Catatan: karena sasaran pembaca adalah Top Management dan/atau Pemilik Perusahaan (Owners), maka VG TIDAK MAU menulis buku-buku yang rumit dan bersifat teori karena hal itu TIDAK akan memenuhi Tujuan No. 4 ini yaitu memperoleh kesempatan untuk menjadi Konsultan dan/atau Master Coach.

    Buku yang akan dibaca oleh Top Management dan/atau Owners dari perusahaan bisnis dan industri adalah topik-topik yang berkaitan dengan bagaimana menciptakan keuntungan (profitability) bagi bisnis dan industri, bagaimana meningkatkan kualitas agar memuaskan pelanggan, bagaimana memperbaiki proses bisnis dan industri agar meningkatkan produktivitas, kualitas, efisiensi biaya, serta bagaimana meningkatkan keunggulan sumber daya manusia bagi perusahaan bisnis dan industri?
    Pada hakekatnya buku-buku yang laris dan akan dibaca oleh Top Management dan/atau Owners perusahaan bisnis dan industri adalah buku-buku yang berkaitan dengan model 5P: Profitability, Products (Goods & Services) Excellence, Processes Excellence, People Excellence, dan Performance Excellence (Continual Performance Improvement).

  • Tujuan No. 5 (Objective 5 = O5): Mempromosikan KOMPETENSI VG kepada publik sebagai upaya mencapai Tujuan No. 1 (Objective 1 = O1) yaitu merealisasikan Visi UANG (Usaha Agar Nama Gemilang). Penulisan buku merupakan media GRATIS untuk mempublikasikan KOMPETENSI kita kepada publik (setiap halaman belakang buku VG selalu mencantumkan jasa profesional dan riwayat hidup sebagai seorang profesional di bidang bisnis dan industri).
  • Tujuan No. 6 (Objective 6 = O6): Memperoleh PENDAPATAN PASIF berupa royalti hasil penjualan buku-buku yang ditulis itu.
    Perhatikan banyak orang yang ketika menulis buku HANYA mengejar Tujuan No. 6 (O6) saja dan kadang-kadang itu merupakan satu-satunya tujuan mereka, sedangkan VG menempatkan pada tujuan terakhir sehingga sekalipun Tujuan No. 6 (O6) mungkin GAGAL atau hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, maka masih ada lima tujuan lain (O1 sampai O5) yang PASTI SUCCESS!

TAMPAK jelas bahwa berpikir dan menerapkan konsep Multi Objectives akan meningkatkan Produktivitas (Productivity = Output / Input) seperti ditunjukkan dalam Bagan 2 dari PDCA Management Framework, sehingga jika banyak orang HANYA memperoleh “satu” SUCCESS, maka kita akan memperoleh “banyak” SUCCESS sekaligus dari sistem bekerja (Input – Processes – Outputs) yang sangat efektif dan sangat efisien ini.

 

Semoga tulisan ini menginspirasi banyak orang agar mulai menerapkan kebiasaan bekerja “Multi Objectives” menggunakan PDCA Management Framework seperti ditunjukkan dalam Bagan 2 itu.

Tks. Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php