2016

Home » Blog » 2016 » Meningkatkan Skills Menggunakan Fasilitas Yang Ada (Meskipun Tampak TIDAK Modern)

12-05-16

Meningkatkan Skills Menggunakan Fasilitas Yang Ada (Meskipun Tampak TIDAK Modern)



  • Bahasa Indonesia
  • English

Seringkali kita berpikir bahwa untuk meningkatkan keterampilan HARUS membutuhkan fasilitas peralatan yang bagus, canggih, modern, dll. Bagi mereka yang berpikir KREATIF dan INOVATIF apalagi dikombinasikan dengan pendekatan Design Thinking, maka peningkatan skills dapat menggunakan fasilitas yang ada meskipun kelihatan TIDAK modern. Sebagai misal gambar berikut menunjukkan suatu keterampilan bermain bilyar dapat menggunakan peralatan sederhana oleh orang-orang di pedesaan Afrika.


Kreativitas dan Inovasi BUKAN tergantung pada fasilitas TETAPI tergantung pada Tingkat Berpikir seseorang. Perlu diingat dan dipahami bahwa Tingkat Berpikir seseorang TIDAK ditentukan oleh jenjang pendidikan formal yang pernah ditempuh. Karena bisa saja seseorang yang TIDAK pernah menempuh pendidikan formal memiliki Tingkat Berpikir lebih tinggi (advanced, level 4) daripada lulusan S1, S2 maupun S3 yang HANYA memiliki Tingkat Berpikir Level 1 atau 2 saja.

Terdapat 4 Level Tingkat Berpikir, yaitu:

  • Level 1: Recall (Lowest)
  • Level 2: Skill/Concept
  • Level 3: Strategic Thinking
  • Level 4: Extended Thinking (Highest)

Desain, Aplikasi Konsep, Analisis, Sintesis, Menciptakan, Membuktikan, dll yang merupakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Taksonomi Bloom termasuk ke dalam Extended Thinking (Level 4) seperti ditunjukkan dalam Bagan terlampir.

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php