2012

Home » Blog » 2012 » Tersesat ke Jalan yang Benar: Memahami Perencanaan Sebelum Bertindak

14-04-12

Tersesat ke Jalan yang Benar: Memahami Perencanaan Sebelum Bertindak



  • Bahasa Indonesia
  • English

Perencanaan (Planning) adalah suatu proses manajemen untuk menetapkan sasaran (goals) dan tujuan (objectives) serta memilih alat-alat yang paling tepat atau cocok sebelum melakukan tindakan agar mencapai target perubahan kea rah yang lebih baik di masa mendatang. Dengan demikian perencanaan merupakan pembuatan keputusan antisipatif (anticipatory decision-making), karena merupakan suatu proses memutuskan secara rasional sebelum tindakan dilakukan.

Pada dasarnya terdapat empat pendekatan dalam perencanaan, yaitu:

  1. Reaktif (Reactive), atau perencanaan melalui melihat kejadian masa lalu (seperti mengemudikan mobil melalui melihat kaca spion).
  2. Nonaktif (Inactive), atau perencanaan melalui berjalan sesuai arus (seperti air mengalir di sungai).
  3. Praaktif (Preactive), atau perencanaan melalui menyiapkan untuk waktu mendatang (banyak melakukan aktivitas-aktivitas penyiapan rencana).
  4. Proaktif (Proactive), atau mendesain keadaan masa mendatang dan membuat keadaan itu menjadi kenyataan.

Perencanaan reaktif biasanya dilakukan dalam lingkungan yang statis dan mapan, konservatif, organisasi-organisasi tradisional yang memiliki riwayat kesuksesan yang panjang di masa lalu. Perencana yang menggunakan pendekatan reaktif akan cenderung berfokus pada masa lalu—bukan masa depan, ibarat mengemudi mobil menggunakan kaca spion, cenderung bertahan dan tidak mau menerima hal-hal baru serta tidak menyukai lingkungan yang dinamis. Tipe perencana semacam ini masih banyak dijumpai di Indonesia, terutama di lingkungan birokrasi pemerintahan.

Perencanaan nonaktif adalah sederhana karena mengabaikan kebutuhan untuk perencanaan, sehingga hasil-hasil yang dicapai merupakan hasil-hasil tanpa rencana, hanya kebetulan belaka. Organisasi-organisasi di Indonesia masih ada yang menerapkan pendekatan perencanaan nonaktif ini.

Kebanyakan organisasi menggunakan model ketiga dari perencanaan yaitu perencanaan praaktif. Tipe perencana praaktif akan kelihatan sibuk dengan penyiapan bahan-bahan untuk rencana dan menampilkan itu dalam bentuk grafik-grafik atau tabel-tabel, namun tidak berlanjut, hanya mengerjakan tugas-tugas awal dari suatu perencanaan yang baik.

Perencanaan proaktif atau interaktif merupakan model perencanaan yang populer sekarang ini terutama di negara-negara maju, karena pihak manajemen organisasi meyakini bahwa tindakan-tindakan mereka yang terencana dengan tepat dan dilaksanakan secara konsisten akan mampu menciptakan keadaan masa depan yang diharapkan, yang berarti proses perubahan akan menjadi efektif dan efisien!

Beberapa langkah pokok dalam proses perencanaan proaktif adalah:

  1. Menetapkan tujuan
  2. Melakukan analisis situasional
  3. Merumuskan strategi untuk mengantisipasi perubahan lingkungan di masa mendatang
  4. Mengembangkan rencana operasional
  5. Merencanakan untuk implementasi dan pengendalian
  6. Mengendalikan

Penggunaan Konsep SUCCESS 5W-2H dalam perencanaan proaktif akan membawa ke arah perubahan yang efektif dan efisien, sehingga berlaku prinsip-prinsip “strategic management” berikut:

  • Visi/Misi + Skills + Insentif + Sumber Daya + Action Plan = Perubahan Efektif dan Efisien (Tersesat Ke Jalan Yang Benar).
  • Visi/Misi + Skills + Insentif + Sumber Daya + Tanpa Action Plan = Memulai Kesalahan (Merasa Benar di Jalan Yang Sesat).
  • Visi/Misi + Tanpa Skills + Tanpa Insentif + Tanpa Sumber Daya + Tanpa Action Plan = ???????????????????????????? (Tersesat di Jalan Yang Sesat?????)

“Tersesat di jalan yang sesat” dapat diibaratkan tidak tahu lagi apakah jalan itu sesat alias tidak tahu mana yang benar dan mana yang tidak benar, mana yang penting dan mana yang tidak penting, seperti anak-anak kecil yang bermain air sabu dalam ember, lalu mengira air itu sangat dalam, alias cuma main-main saja, lelucon, guyonan, dll. Kira-kira untuk orang yang “tidak tahu apa yang dia tidak tahu tetapi merasa tahu”. Hanya ungkapan!!

Salam Success.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php