2014

Home » Blog » 2014 » Memahami Perbedaan Sertifikat dan Sertifikasi Profesional

11-09-14

Memahami Perbedaan Sertifikat dan Sertifikasi Profesional



  • Bahasa Indonesia
  • English

Banyak orang SALAH PERSEPSI bahwa Sertifikat sama dengan SERTIFIKASI, padahal kedua ini berbeda sama sekali.

Jika kita mengikuti pelatihan di luar negeri, maka pada akhir masa pelatihan kita akan memperoleh SERTIFIKAT. Sertifikat ini boleh saja menjadi REFERENSI dalam melamar pekerjaan atau menunjukkan IDENTITAS kita, TETAPI bagi masyarakat PROFESIONAL yang mengetahui KUALITAS SEORANG PROFESIONAL, maka mereka lebih MENGAKUI SERTIFIKASI PROFESIONAL, suatu PROSES UJI KOMPETENSI dari Organisasi PROFESI tertentu. Itu makanya, ketika banyak orang menanyakan tentang Sertifikat, saya lebih senang untuk meminta mereka mengikuti ujian SERTIFIKASI, sehingga KOMPETENSI mereka bisa dipertanggungjawabkan secara internasional.

Itu juga makanya saya TIDAK MAU mengeluarkan SERTIFIKASI dan TIDAK MAU “membodohi” orang. Meskipun Surat Referensi dari saya diakui oleh masyarakat profesional industri di Indonesia. Saya lebih suka menunjukkan jalan untuk memperoleh UJIAN KOMPETENSI kelas dunia. Banyak orang di Indonesia yang mengaku bahwa mereka adalah Master Black Belt/Black Belt/Green Belt dalam bidang Six Sigma, TETAPI itu hanya SERTIFIKAT dari pelatihan 1-2 minggu saja, BUKAN ujian KOMPETENSI dari lembaga bereputasi dunia seperti: ASQ.

SERTIFIKASI dalam bidang Kualitas, Six Sigma, dan bidang lain yang berkaitan dengan KUALITAS yang TELAH diakui dunia adalah ASQ (the American Society for Quality). Jika kita memiliki SERTIFIKASI PROFESIONAL dari ASQ, maka ketika kita terbang dari Indonesia menuju negara lain, kita TIDAK PERLU lagi memperkenalkan diri sebagai berikut saya adalah lulusan universitas TOP di Indonesia, saya telah berpengalaman kerja 10 atau 20 tahun sebagai manajerdirektur, KARENA masyarakat PROFESIONAL di luar Indonesia TIDAK PERLU PENJELASAN itu.

Jika kita memiliki SERTIFIKASI PROFESIONAL dari lembaga yang telah diakui dunia, maka kita CUKUP menyatakan bahwa saya adalah pemegang ASQ CSSBB (Certified Six Sigma Black Belt), atau lainnya; maka semua masyarakat profesional dalam bidang Six Sigma atau Kualitas TELAH TAHU bahwa KOMPETENSI kita telah diakui masyarakat PROFESIONAL dalam bidang Six Sigma yang berkualitas DUNIA.

Terlampir di atas adalah perbedaan antara SERTIFIKAT vs. SERTIFIKASI, dan mengapa ASQ Certification diakui oleh masyarakat profesional di dunia.


Beberapa orang yang akan mengikuti ujian ASQ CSSBB/CSSGB/CSSYB dapat membaca pengalaman pribadi belajar mandiri berikut.

http://qualityandinnovation.com/2011/10/27/how-to-pass-your-asq-certified-six-sigma-black-belt-cssbb-exam/

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php