2017

Home » Blog » 2017 » Refleksi Untuk Diri Sendiri Agar Tidak Mudah Tertipu Oleh Janji-janji Kosong!

11-06-17

Refleksi Untuk Diri Sendiri Agar Tidak Mudah Tertipu Oleh Janji-janji Kosong!



  • Bahasa Indonesia
  • English

Refleksi Diri Bagi Seorang Pembelajar Seumur Hidup dalam Proses Pembelajaran Terus-menerus agar mencapai SUCCESS, menurut William Edwards Deming:

  1. Jika kita TIDAK bertanya, maka kita TIDAK belajar, Karena TANPA pertanyaan-pertanyaan, maka TIDAK ADA pembelajaran. Diambil dari kutipan: “Without questions, there is no learning“.
  2.  

  3. Meskipun kita bertanya, TETAPI apabila kita TIDAK mengajukan pertanyaan yang benar, maka kita TIDAK menemukan apa-apa. Diambil dari kutipan: “If you do not know how to ask the right question, you discover nothing”.
  4.  

  5. Jika kita TIDAK memahami, maka kita TIDAK dapat mendengar. Diambil dari kutipan: “You can not hear what you do not understand”.
  6.  

  7. Kita seharusnya diarahkan oleh TEORI, bukan oleh angka-angka. Diambil dari kutipan: “We should be guided by theory, NOT by numbers“.
  8.  

  9. Agar kita berperilaku RASIONAL, maka kita membutuhkan TEORI, karena perilaku REAKTIF hanya membutuhkan Reflex Action. Diambil dari kutipan: “Rational Behavior requires theory. Reactive behavior requires only reflex action”.
  10.  

  11. Jika kita TIDAK memahami TEORI, maka kita TIDAK akan memiliki pengetahuan. Diambil dari kutipan: “There is NO knowledge, Without theory”.
  12.  

  13. Khusus untuk pembelajaran dalam bidang KUALITAS dan BISNIS, maka memahami VARIASI adalah KUNCI menuju SUCCESS. Diambil dari kutipan: “Understanding VARIATION, is the key to SUCCESS in quality and business”.
  14.  

  15. Kita dalam bekerja HARUS mengetahui bagaimana tugas kita berkontribusi. Diambil dari kutipan: “People need to know how their job contributes“.
  16.  

  17. Kita baru akan peduli pada diri kita apabila kita berkontribusi pada SISTEM. Diambil dari kutipan: “People care more for themselves when they contribute to the system“.
  18.  

  19. Posisi kita dalam manajemen adalah bertugas untuk mengetahui sistem-sistem mana yang STABIL dan sistem-sistem mana yang TIDAK stabil? Kemudian kita meningkatkan kinerja dari SISTEM, untuk selanjutnya MENGOPTIMUMKAN kinerja seluruh SISTEM itu. Diambil dari kutipan: “Management’s job is to know which systems are stable and which are not“. “Management’s job is to improve the system“, and “Management’s job is to optimize the whole system“.


  20.  

  21. Ketiadaan pengetahuan merupakan akar masalah dari sistem. Diambil dari kutipan: “Lack of knowledge ….. that is the problem“.
  22.  

  23. KESIMPULAN: Pengetahuan adalah KUNCI. Diambil dari kutipan: “Knowledge is the key“.

 

Bahan Refleksi: Mengikuti kuliah, seminar-seminar, membaca buku-buku teks BELUM TENTU memperoleh pengetahuan!!

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php